Baru setahun merilis Minerva
Megelli Sachs 250R, belum lama ini PT Minerva Motor
Indonesia (MMI) kembali ngeluarin versi terbaru
Megelli 250 (RE & RV) dengan mesin anyar 250 cc
berpendingin cair alias pakai radiator. Tak heran bila
langkah MMI ini kontan saja mengundang reaksi para
pemilik Megelli generasi lama.
Pasalnya kalau cuma ganti mesin, tapi performanya
masih sama saja sih mungkin enggak begitu
masalah bagi mereka. Ini justru terjadi perbaikan
tenaga yang cukup signifikan. Semula max powernya
(Megelli 250R) hanya sekitar 20 dk, kini pada mesin
generasi kedua (RE & RV) itu bisa mencapai 26 dk /
8.500 rpm. Sementara torsi maksimum mencapai
22,8 Nm / 7.000 rpm.
Malah sumber lain menyebutkan kalau tenaga
puncak yang terukur pada kruk as mesin generasi
baru yang konon hasil kolaborasi Sachs Jerman
dengan sebuah R&D mesin asal Italia, Progetti
Sviluppo tersebut, tembus 27,22 dk di putaran 9.200
rpm. Sementara torsi max mencapai 17,2 lb.ft atau
sekitar 23,3 Nm di putaran 7.700 rpm.
Nah, bila melihat hasil segitu, performa Megelli seri II
bisa dibilang nyaris mendekati performa rival
sekelasnya, Kawasaki Ninja 250R yang notabene
mesinnya sudah berkonvigurasi 2 silinder segaris
plus didukung teknologi DOHC (masing-masing
silinder dijejali 4 buah valve). Oleh pabrikannya
dapur pacu Ninja 250 diklaim mampu membukukan
power maksimum 31,38 dk / 11.000 rpm dan torsi
puncak 22 Nm / 9.500 rpm.
Memang sih di atas kerta tenaga maksimum Ninja
masih lebih tinggi 4 - 5 dk dari Megelli 250 RE & RV.
Namun untuk torsi puncak, Megelli masih unggul
sekitar 1 Nm. Apalagi torsi segitu didapat pada
putaran mesin yang lebih rendah dari Ninja 250R.
Sehingga bukan tidak mungkin, kemampuan
akselerasi di putaran bawahnya bakal lebih mantap
Megelli atau minimal setara. Apalagi bobot Megelli
lebih enteng sekitar 17 kg dibanding Ninja 250R
yang berat kosongnya mencapai 152 kg.
Selain itu berdasarkan hasil tes Mr. Testo pada
Megelli 250 RV beberapa waktu lalu di sirkuit Sentul,
Jabar, motor ini sanggup mencatat top speed sekitar
157 km/jam. Beda tipis dengan Ninja 250R standar
yang mampu mencapai 160 km/jam.
Nah, kebetulan tim OTOMOTIF juga sempat
menjajal akselerasi kedua tunggangan bergaya
moge sport itu dengan mengukurnya pakai
performace test merek Race Logic buatan Inggris.
Penasaran kan pengin tau hasilnya. Yuk, kebet saja
boks hasil pengukuran akselerasinya.
Data Spesifikasi
Megelli 250 RV (M) - Ninja 250 R (N)
Mesin
Tipe 4-tak 4 valve, SOHC 4-tak - DOHC, 8 valve
Sistem pendingin
Cair (radiator) - Cair (radiator)
Jumlah silinder 1 silinder - 2 silinder
Kapasitas murni 249,6 cc. - 249 cc
Rasio kompresi 11:1 - 11,6:1
Max power 26 dk / 8.500 rpm - 31,38 dk /
11.000 rpm
Max torque 22,8 Nm / 7.000
rpm - 22,0 Nm / 9.500 rpm
Sistem pelumasan
wet sump - wet sump
Fuel Grade
Unleaded - Unleaded
Sistem Kopling Basah - Basah
Transmisi. : 6 - speed 6 - speed
Pengoperasian
1 - N - 2 - 3 - 4 - 5 -6
1 - N - 2 - 3 - 4 -5 - 6
Sistem pengapian
CDI - TCI
sistem start Elektrik - Elektrik
Sistem bahan bakar
M:Karburator, TK MV34
N:Karburator, Keihin CVK30 x2
Sasis
Tipe Multi twin spar - Trellis
Configuration Tubular, Diamond
Rear swing arm T6 Alumunium
Trellis Unitrack
Suspensi belakang
M-Fast Ace Upsidedown
N-Teleskopik
Sokbreker belakang
Fast ace, Monosok - Monosok
Tinggi jok 800 mm - 775 mm
Wheelbase 1.350 mm - 1.400 mm
pelek depan Rim alumunium
M-2,75 x 17"
N-2,75 x 17"
Pelek belakang Rim alumunium
M -3,50 x 17"
N- 3,50 x 17"
M- Ban depan 100/70-17 tubeless100/70-17
tubeless
N- Ban belakang 130/70-17 tubeless130/70-17
tubeless
Berat kosong 135 kg 152 kg
Spidometer Koso OEM Japan
Data akselerasi
Megelli 250 RV _- Kawasaki ninja
250R
0 - 60 km/jam. : 3,7 detik - 3,2 detik
0 - 100 km/jam: 9,6 detik - 8,1 detik
0 - 201 meter. :10,7 detik - 10 detik
0 - 402 meer. :17,1 detik - 16 detik
Top speed. :157 km/jam - 160 km/jam