| FUN STATION Forum Friendship & Brotherhood FS Forum Net Brotherhood,Share,Ask,Tips,Trick,Solution,Lifestyle,Health,Bussines,Gadget,Phone,Otomotif,Sport,Friendship,Networking,Fun,Friendship,Chat, Sport,Jokes,Ask,Internet,Repair,Assesories,Spare parts,Trade, |
untuk semua Sobat.Kami Mengundang Para Tamu, sekiranya berkenan para Sobat mari bergabung menjadi bagian dari FS Forum Brotherhood ---- Mari kita saling Ask & Share Solusi dan menambah Wawasan kita2 semua
Thanks Alot
Salam kenal - Admin FS Forum |
Top posting users this week | |
| | New Minerva R150VX | |
| | Pengirim | Message |
---|
primuze Moderator Supervisor
Jumlah posting : 412 Score : 1097 Reputasi : 29 Join date : 26.06.11 Lokasi : The City that never sleep
| Subyek: New Minerva R150VX Sun 30 Dec - 23:43:44 | |
| Setelah diluncurkan, kurang lengkap kalau tidak menengok secara detail perubahan New Minerva R150VX. Dengan harga jual yang naik Rp 1 jutaan menjadi Rp 17,5 juta, ada banyak yang baru. Yuk sama-sama melihatnya dari dekat.
Secara desain, New Minerva R150VX memang banyak berubah. Dari fairing misalnya, garisnya sudah berbeda. Paling mencolok adalah lampu depannya, kini dihiasi LED sesuai dengan teaser yang banyak beredar sebelumnya.
Agak mundur, bentuk buntut lebih sporty. Sekilas mirip Yamaha YZF-R15 dengan jok berundak dan desain bodi yang pipih meruncing. Sedang lampu belakang juga dijejali LED. Keunggulannya, lebih terang tapi butuh arus listrik lebih kecil.
"Kalau bodi semua baru, tapi rangka dan kaki-kakinya tetap sama," buka Jasin Jazid dari divisi teknik PT Minerva Motor Indonesia (MMI). Sok depan upside down, suspensi belakang monoshock dan dual disk brake tetap dipertahankan.
"Rangkanya tetap deltabox dengan sedikit perubahan untuk engine mounting. Karena mesin benar-benar baru jadi dudukannya agak berbeda," lanjut pria ramah ini. Mesin baru ini tidak seperti yang dipakai pada X-Road 150S. "Kalau X-Road 150S adalah penyempurnaan dari mesin Minerva R150VX yang lama, sedang ini benar-benar baru," jelas Jasin.
Perbedaan paling mendasar ada pada perubahan konfigurasi bore x stroke-nya. Kalau sebelumnya pakai piston 61 mm dan memiliki stroke 49,5 mm dan kapasitas silindernya 147 cc. Yang sekarang diameter pistonnya 57,3 mm dan stroke 57,8 mm, hampir square dengan kapasitas ruang bakar 149 cc.
"Yang baru ini torsinya lebih besar. Tarikan awalnya enak banget," promo Jasin saat ditemui di sela launching New Minerva R150VX. Kini torsinya jadi 15,8 Nm di 6.000 RPM, naik drastis dari versi sebelumnya yang hanya 10,5 Nm pada 7.000 rpm.
Sedang powernya enggak beda jauh. Yang lama 13,5 ps di 9.500 rpm, sekarang mencapai 14,8 ps pada 8.000 rpm. Tapi karena bisa dikail dari putaran mesin lebih rendah, seharusnya akan lebih asik dikendarai sekaligus hemat bahan bakar.
"Karena tenaga dan torsi lebih besar makanya kami berani memperlebar ukuran ban. Sekarang yang belakang pakai ukuran 130," ungkap Jasin penuh percaya diri. (motorplus-online.com)
SPESIFIKASI MESIN BARU NEW R150VX ENGINE MODEL: CBF ENGINE TYPE: SINGLE CYLINDER, 4 STROKE, OIL-COOLING, COUNTER-SHAFT STARTER TYPE: ELECTRIC/ KICK IGNITION: CDI BORE: 57,3 mm STROKE: 57,8 mm DISPLACEMENT: 149 cc COMPRESSION RATIO: 9.2:1 MAX POWER/ RPM: 14.8 PS / 8000 RPM MAX TORQUE/ RPM: 15.8 Nm / 6000 RPM
Part part yang masih sama dengan R150VX enerasi pertama adalah Velg depan, sok breaker USD depan, sasis perimeter, sub frame, swing arm, gear belakang . . . apa lagi yah . ..
Mesin Minerva New R150VX merupakan mesin yang sama sekali baru . . . awalnya tmcblog nggak percaya . .. kebetulan disamping si New 150VX ada X-Road . . .langsung aja bandingin . . . hmmm tutup crank Casenya udah beda jauh mas bro . dan setelah di cek dimensi pistonya pun ternyata berbeda secara signifikan dari 61 x 49,5 ( short stroke) mm atau 147 cc (R150VX lama-) menjadi . .. 57,3 x 57,8 mmm sehingga total kubikasinya 149 cc . . .
Power nambah 1,3 ps dengan rpm yang lebih rendah . . . sedangkan torsinya . . . weeeeh R150VX lama cuma 10,2 nm . . nah New R150VX tarikan harusnya terasa lebih . . . torsi naik 50% dari torsi VX terdahulunya. . . . hmmm model dimensi pistonnya hampir square yang menandakan tenaga cukup merata disemua pita rpm, cmiiw
Spidometernya sih masih gabungan antara Digital dan analog . . penunjukan jarum analog berupa spedometer dan takometer, entah sensornya . . . sedangkan bar-graph digital teramasuk fuel meter, baterry current meter, trip meter, odometer. Lampu belakang model LED didesain sedikit berbeda, masih dengan model spatbor belakang menggsntung dengan lampu plat nomot terpisah . . . tinggal nanti kita simak hasil test nya . . . apa bener kerasa tuh torsi segitu gede . . . semoga Berguna | |
| | | | New Minerva R150VX | |
|
Similar topics | |
|
| Permissions in this forum: | Anda tidak dapat menjawab topik
| |
| |
| feeds | |
|
|